Tekhnologi Informasi, Seni dan Wawasan

Selasa, 01 Maret 2011

Tips membersihkan PC

Haaiii….Ketemua lagi dengan Zie, Kali ini Zie akan ngasih Tips-tips untuk Membersihkan PC atau Personal Computer. Perlu diketahui,Komputer tidak mesti DIRAWAt doang, dirawat dengan kata lain dari sisi software saja.tetapi juga harus ada Pembersihan yaitu secara Hardwarenya.. Apa yang dibersihkan???....yang pasti yaa komponen-komponen computer itu sendiri, dah tau kan pa itu komponen-komponen computer itu. Ya Motherboard,Ram Dll. Disini Zie mau ngasih 10 Tips Membersihkan PC. Semoga apa yang Zie samapikan dapat bermanfaat bagi temen-temen semua yach..
Berikut Tips-tipsnya:

1. Mati-kan terlebih dahulu semua koneksi listrik yaitu dari sumber arus listrik yang masuk ke PC( dengan kata lain mencabut kabel power). Hal ini wajib dilakukan. Karena apa? Hal ini sangat membantu kita agar kita tidak tersengat listrik yang langsung mengenai kita lewat komponen PC. Hal ini memungkinkan terjadi. Dan Hal ini dilakukan agar tidak terjadi konsleting pada kabel maupun komponen PC-nya.

2. Yang kedua yaitu kita harus Melepaskan semua Konektor pada komponen PC yaitu terdiri dari Harddisk,modul memory(RAM),PS atau Power Supply, dan lain sebagainya. Semua itu dilepaskan dari Motherboard.

3. Yang ketiga ini dilakukan jika memungkin saja, yaitu lepaskan setiap komponen dari casis kecuali mainboard, kemudian bersihkan semua kotoran(debu) yang menempel pada komponen dengan kuas.

4. Pada saat kita membersihkan Heatsing CPU, perhatikan dengan seksama thermal paste dibagian atas CPU yang menempel dengan dasar heatsink. Bila sudah habis maka mutlak untuk kita menggantinya dengan yang baru. Hal itu harus anda lakukan jika anda tidak mau terjadi OVERHEAT pada CPU.

5. Jika anda membersihkan pendingin pada CPU, maka anda harus berhati-hati sekali. Karena bagian ini cukup sulit sekali dilakukan jika anda belum berpengalaman pada pekerjaan ini. Pada membersihkan bagian ini kita harus membutuhkan peralatan tambahan guna menyungkit pengait Heatsink pada soket CPU. Ini dilakukan jika anda benar –benar sudah berpengalaman, anda jangan melakukan jika anda tidak sepenuhnya bisa. Karena jika terjadi kesalahan sedikit saja ,maka bisa merusak CPU atau motherboard. Lebih baik hal ini dilakukan oleh ahli-nya jika anda tidak mau mengambil resiko.

6. Jika terdapat bagian yang susah dilepas. Maka gunakanlah Penyedot debu mini. Kalau tidak ada gunakan saja kompesor. Sedot debu yang berada disekitar komponen yang susah dilepas.

7. Penyedot debu bisa juga digunakan untuk membersihkan slot-slot memory.

8. Jangan sekali-kali menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan komponen-komponen dalam CPU. Hal ini dapat menyebabkan konsleting. Cairan pembersih boleh digunakan jika terdapat debu yang sudah mengering yang terdapat pada Casing CPU atau Monitor. Yang penting jangan digunakan pada komponen dan lain sebagainya yang rentan pada cairan. Gunakan saja kuas atau penyedot debu.

9. Setelah sekiranya semua komponen telah dibersihkan, maka sambunglah atau kembalikan kembali ke possi semua komponen yang awalnya berada. Ingat jangan sampai ada yang tertinggal, terakhir jangan lupa pasang semua koneksi kabel ke sumber arus listrik atau kabel power-nya.

10. Nyalakan komputernya. Apabila windows mau Start dan berjalan seperti biasa atau normal tidak terjadi restart maka itu artinya pekerjaan yang anda lakukuan tadi telah BERHASIL dengan sempurana. Tetapi apabila computer restart dan tidak bisa booting ke windows, maka telah terjadi kesalahan pada koneksi dan pemasangan komponen-komponen tadi. Maka ulangi prosedurnya teliti apa yang telah terjadi sehingga bisa terjadi kesalahan,dimulai dari koneksi ke sumber arus listrik,pengecekkan posisi komponen dan lain sebagainya. Setelah itu nyalakn kembali komputernya. Bila BERHASIL maka pekerjaan anda lakukan telah berhasil.
Oke temen-temen semua.

Itu tadi 10 Tips membersihkanPC yang Zie berikan khusus bagi temen-temen semua. Ternyata mudahkan. Kita harus teliti,hati-hati,pokoknya taatilah prosedur keamanan bekerja. Apabila kita taat pada standar keamanan bekerja,maka semua pekerjaan pasti akan mudah kita jalankan. Moga dengan apa yang Zie sampaikan kepada temen-temen semua dapat bermanfaat,,Sesuai kata pepatah. CARILAH ILMU WALAPUN SAMPAI KE NEGERI CINA, maka untuk semua saja carilah ilmu sebanyak-banyaknya waluapun kenegeri china sekaligus. Karena ilmu itu tidak ada habisnya. Diluar sana banyak sekali ilmu-ilmu yang belum kita tau. Maka tugas kita yaitu mencari ilmu itu sendiri..oke temen-temen. Lain kali kita sambung lagi dengan materi yang bebeda, sampai ketemu lain waktu..
Materi dan pesan ini disampaikan oleh Leader DEWAN TKJ from Vocational High School [of] Muhammadiyah 1 North Klaten Fakultas Tekhnik Komputer dan Jaringan: ZIE

Komentar :

ada 0 komentar ke “Tips membersihkan PC”

Posting Komentar

Photobucket
__jika membuka blog ini. Pastikan memakai mozila versi baru...if you open this blog. Make sure to use the new version of mozilla__

Informasi Terbaru

Solusi Keuangan Anda

Soft Launching Pembelajaran Bisnis Online
08 April 2011
Softlaunching Paket Program MenaraOnline.com adalah media pembelajaran bisnis internet dengan segala perangkatnya (script+ebook+software). MenaraOnline.Com memberikan sebuah paket bisnis seharga Rp.100... selengkapnya

Dewan TKJ Fans Club Like

Berlangganan

Masukkan E-mail mu di bawah ini:

Persembahan oleh FeedBurner

Anda Pengunjung Ke

page counter

Total Pengunjung

Buku Tamu/Chat Friend's

Salam Hangat

PEMILIK dan PENGELOLA
* DEWAN TKJ *
Imam Fauzi (Zie)
http://dewantkj.blogspot.com
Klaten, Jawa Tengah, Indonesia


Tukeran Link

DEWAN TKJ

New Member Dewan TKJ

 
T.K.J™ is proudly powered by Blogger.com | Template by OzoneTemplate