Tekhnologi Informasi, Seni dan Wawasan

Rabu, 09 Maret 2011

Wisata di Jogonalan_Pabrik Gula Gondang Baru

Salah satu pabrik gula yang berdiri pada awal abad XIX di Jawa adalah Pabrik Gula Winangoen yang berada di Klaten Jawa Tengah. Pabrik Gula Gondang Winangoen didirikan tahun 1860 oleh N.V. Klatensche Cultur Maatschappij yang berkedudukan di Amsterdam Belanda.
Pada awal berdirinya pengelolaannya dilakukan oleh keluarga Jongkhervan der Wijk. Kemudian pengelolaannya dilakukan oleh N.V. Mirrandole Voute & Co yang berkedudukan di Semarang. Nama Pabrik Gula Gondang Winangoen diambil dari nama Kawedanan tempat pabrik didirikan.

Pabrik Gula Gondang Winangoen terletak 4,5 km sebelah barat kota Klaten dipinggir Jalan Raya yang menghubungkan dua kerajaan besar yaitu Kasunanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Tepatnya Kawedanan Gondang Winangoen, onderdestric Jogonalan wilayah Karesidenan Surakarta, sekarang Pabrik Gula Gondang Winangoen masuk wilayah Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten.

Keindahan PG. Gondang Baru dapat kita temukan di Guest House (Besaran), tidak hanya dari bentuk fisik bangunannya saja tapi lebih dari itu adalah interiornya yang indah layaknya gedung - gedung tinggalan Belanda. Di PG. Gondang Baru masih tersimpan koleksi lokomotif yang dapat kita lihat baik di Bengkel maupun di Museum, lokomotif tersebut adalah :

1. Rendeng 8 (1931)

2. Jayalalu 7

3. Brama 4

4. Schoema D.VI

5. Merbabu 2

6. Lokomotif D II

7. Lokomotif D III

8. Lokomotif NN

9. Baletoeri 6

10. Slamet 3

11. Semeru 5

12. Schoema D VI

13. Lokomotif Simbah

14. Lokomotif Ajax Deustz

dan Lokomotif Orenstein & Kopel

Berikut D'Gonba wisata keluarga,wisata Argo:
Tampak Depan Pabrik Gula Gondang Winagoen

Tugu Lokomotif

Lokomotif yang sering digunakan untuk para pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan Pabrik Gula Gondang Winangoen


Tampak Samping Guest House (Besaran).

Tampak depan Museum Gula. Satu-satunya Museum gula yang ada di Asia Tenggara. Sekarang museum tersebut masih tahap renofasi agar para pengunjung semakin tertarik datang ke Pabrik Gondang winangoen dan Museumnya

Ini isi dalam Museumnya. masih banyak lagi yang bisa kita lihat disana. dari alat-alat yang digunkan dalam pembuatan gula.

Kafe atau atau tempat bersantai. D'Gonba adalah nama kafe tersebut.

Air mancur yang berada di depan besaran merupakan fasilitas tambahan. biarpun tambahan tetapi sudah ada sejak lama. Dan Sekarang Air Mancur tersebut sudah dibenahi dan tampak mewah. dan pengunjung akan disuguhkan Air Mancur yang bisa menari-nari.




Komentar :

ada 0 komentar ke “Wisata di Jogonalan_Pabrik Gula Gondang Baru”

Posting Komentar

Photobucket
__jika membuka blog ini. Pastikan memakai mozila versi baru...if you open this blog. Make sure to use the new version of mozilla__

Informasi Terbaru

Solusi Keuangan Anda

Soft Launching Pembelajaran Bisnis Online
08 April 2011
Softlaunching Paket Program MenaraOnline.com adalah media pembelajaran bisnis internet dengan segala perangkatnya (script+ebook+software). MenaraOnline.Com memberikan sebuah paket bisnis seharga Rp.100... selengkapnya

Dewan TKJ Fans Club Like

Berlangganan

Masukkan E-mail mu di bawah ini:

Persembahan oleh FeedBurner

Anda Pengunjung Ke

page counter

Total Pengunjung

Buku Tamu/Chat Friend's

Salam Hangat

PEMILIK dan PENGELOLA
* DEWAN TKJ *
Imam Fauzi (Zie)
http://dewantkj.blogspot.com
Klaten, Jawa Tengah, Indonesia


Tukeran Link

DEWAN TKJ

New Member Dewan TKJ

 
T.K.J™ is proudly powered by Blogger.com | Template by OzoneTemplate